Senin, 27 Desember 2010

apa itu chipset

Chipset adalah nama yang diberikan kepada sekumpulan chip (karena itu dinamakan chipset) yang digunakan pada motherboard.

Pada PC generasi awal, motherboard menggunakan bermacam-macam integrated circuits. Jadi memerlukan banyak chip untuk membuat rangkaian yang diperlukan agar komputer dapat bekerja. Pada gambar 1 di bawah ini, Anda bisa melihat gambar motherboard dari PC XT.

gambar 1: motherboard PC XT

Setelah beberapa lama perusahaan pabrikan chip mulai mengintegrasikan beberapa chip ke dalam chip yang lebih besar. Jadi, daripada menggunakan banyak chip kecil, sekarang sebuah motherboard dapat menggunakan setengah lusin chip yang lebih besar.

Pengintegrasian terus berlanjut dan sekitar pertengahan 1990-an motherboard menggunakan hanya dua atau bahkan 1 chip besar. Pada gambar 2 bisa Anda lihat motherboard 486 kira-kira tahun 1995 menggunakan dua chip besar dengan seluruh fungsi yang diperlukan untuk menggerakkan motherboard.

Gambar 2: motherboard 486, model ini hanya menggunakan dua chip besar.

Dengan keluarnya PCI bus, sebuah konsep baru, yang masih digunakan hingga kini, dapat digunakan untuk pertama kali: penggunaan bridge. Biasanya motherboard memiliki dua chip besar: north bridge dan south bridge. Terkadang ada beberapa pabrikan chip yang menggabungkan antara north bridge dan south bridge ke dalam satu chip saja; Dalam hal ini, motherboard hanya akan memiliki satu integrated circuit besar.

Dengan penggunaan bridges chipsets dapat dengan mudah distandardisasikan.

Chipsets dapat dibuat oleh beberapa perusahaan, seperti ULi (nama baru untuk ALi), Intel, VIA, SiS, ATI dan NVIDIA. Pada masa lalu ada UMC dan OPTi.

Permasalahan umumnya adalah untuk menggabungkan chipset dari pabrikan dengan motherboard dari pabrikan. Sebagai contoh, sebuah motherboard menggunakan sebuah chipset yang dibuat oleh Intel, maka bukan berarti Intel yang membuat board-nya. ASUS, ECS, Gigabyte, MSI, DFI, Chaintech, PCChips, Shuttle dan juga Intel adalah contoh beberapa pabrikan motherboard yang hadir di pasaran. Jadi pabrikan motherboard membeli chipset dari pabrikan chipset dan membangunnya. Sebenarnya ada aspek yang sangat menarik dari hubungan ini. Untuk membangun sebuah motherboard, pabrikan dapat mengikuti standard proyek dari pabrikan chipset, yang disebut juga “reference design”, atau dapat juga membuat proyeknya sendiri, memodifikasi beberapa hal dalam rangka untuk memberikan kinerja atau fitur yang lebih baik.

North Bridge

Chip North Bridge disebut juga MCH (Memory Controller Hub) terhubung langsung kepada CPU dan memiliki fungsi:

* Memory controller (*)
* AGP bus controller (jika tersedia)
* PCI Express x16 controller (jika tersedia)
* Interface untuk transfer data dengan south bridge

(*) Kecuali untuk CPU socket 754, socket 939 dan socket 940 (CPU dari AMD seperti Athlon 64), karena pada CPU ini, memory terletak dalam CPU itu sendiri, tidak pada north bridge.

Beberapa chip north bridge juga mengontrol jalur PCI Express x1. Pada chipset PCI Express lainnya maka tugas South Bridge yang mengendalikan jalur PCI Express x1. Pada bahasan ini kita akan asumsikan bahwa south bridge adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengontrol jalur PCI Express, namun perlu diingat bahwa hal ini dapat memiliki banyak variasi tergantung pada model chipset.

Pada Gambar 3 dapat Anda lihat sebuah diagram yang menjelaskan tugas dari north bridge pada komputer.

gambar 3: North Bridge

Seperti yang dapat Anda lihat, CPU tidak mengakses langsung memory RAM atau video card, adalah north bridge yang bertugas mengakses peralatan-peralatan tersebut. Oleh karena itu, chip north bridge memiliki tugas vital dalam kinerja komputer. Jika chip north bridge memiliki memory controller yang lebih baik dari north bridge lainnya, maka kinerja komputer secara keseluruhan akan lebih baik. Itulah mengapa Anda dapat memiliki dua motherboard yang memiliki tipe prosessor sama dan menghasilkan kinerja yang berbeda.

Seperti yang dijelaskan, pada CPU Athlon 64, memory controller ditanamkan dalam CPU dan karenanya hampir tidak ada perbedaan kinerja diantara motherboard dari platform ini.

Semenjak memory controller terletak pada north bridge, maka chip ini yang membatasi tipe dan jumlah maksimum memory yang dapat Anda miliki dalam system (pada Athlon 64, CPU yang mengatur batasan-batasan ini).

Koneksi antara north bridge dan south bridge dilakukan melalui sebuah bus. Pada awalnya menggunakan PCI bus, namun kemudian digantikan dengan dedicated bus.

South Bridge

Chip south bridge juga disebut ICH (I/O Controller Hub) terhubung dengan north bridge dan bertugas untuk mengontrol peralatan I/O dan peralatan on-board, seperti:

* Port drive hard disk (Port ATA Parallel dan Serial)
* Port USB
* Audio on-board (*)
* LAN on-board (**)
* PCI bus
* Jalur PCI Express (jika tersedia)
* Real Time Clock (RTC)
* Memory CMOS
* Peralatan legacy seperti interrupt controller dan DMA controller.

(*) Jika south bridge memiliki audio controller built-in, maka akan butuh sebuah chip eksternal yang disebut codec (kependekan dari coder/decoder) untuk dapat beroperasi.

(**) Jika south bridge memiliki network controller built-in, maka akan butuh chip eksternal yang disebut phy (kependekan dari physical) untuk dapat beroperasi.

South bridge juga dihubungkan dengan dua chip lainnya yang tersedia pada motherboard: chip ROM yang lebih dikenal dengan BIOS, dan chip Super I/O, yang bertugas mengontrol peralatan legacy seperti port serial, port parallel dan drive floppy disk.

Pada Gambar 4 dapat Anda lihat sebuah diagram yang menjelaskan aturan dari south bridge pada komputer.

Gambar 4: South Bridge

Seperti yang dapat Anda lihat, south bridge dapat mempengaruhi performa drive hard disk, komponen ini tidak mempengaruhi secara kritis performa komputer seperti north bridge. South bridge lebih menitikberatkan pekerjaannya pada fitur-fitur yang dimiliki motherboard Anda ketimbang performa komputer secara keseluruhan. South bridge yang mengatur jumlah (dan kecepatan) dari port USB dan jumlah juga tipe (regular ATA atau Serial ATA) dari port drive hard disk yang dimiliki motherboard Anda.

Inter-Bridge Architecture

Ketika konsep bridge mulai digunakan, komunikasi antara north bridge dan south bridge dilakukan melalui bus, sperti yang terlihat pada Gambar 5. Permasalahannya adalah bandwidth yang tersedia untuk PCI bus – 132 MB/s – dibagi-bagi antara semua peralatan PCI pada system dan peralatan yang terhubung dengan south bridge – khususnya drive hard disk. Pada saat itu, hal ini bukanlah suatu permasalahan, karena transfer rate maksimum hard drive hanya 8 MB/s dan 16 MB/s

Gambar 5: Komunikasi antara north dan south bridge dengan menggunakan PCI bus

Namun ketika high-end video cards (pada waktu itu, video card adalah PCI) dan high-performance hard disk drive dikeluarkan, maka muncullah kekacauan. Kita ambil contoh pada drive hard disk modern ATA/133 yang secara teori memiliki rate transfer maksimum sama dengan PCI bus. Jadi secara teori sebuah hard drive ATA/133 akan menyedot seluruh bandwidth, memperlambat kecepatan komunikasi antara seluruh peralatan yang terhubung ke PCI bus.

Untuk high-end video cards, solusinya adalah dengan membuat sebuah bus baru yang terkoneksi secara langsung dengan north bridge, yang disebut AGP (Accelerated Graphics Port).

Solusi akhir datang ketika pabrikan chipset mulai menggunakan pendekatan baru: menggunakan sebuah dedicated high-speed bus antara north dan south bridge dan menghubungkan peralatan PCI bus ke south bridge.

Gambar 6: Komunikasi antara north dan south bridge dengan menggunakan dedicated bus

Ketika Intel mulai menggunakan arsitektur ini, maka bridges disebut dengan “hubs”, north bridge menjadi MCH (Memory Controller Hub) dan south bridge menjadi ICH (I/O Controller Hub). Ini hanyalah bagian dari nomenklatur dalam rangka untuk memudahkan mengenali arsitektur yang digunakan.

Proses penggunaan arsitektur baru yang digunakan motherboard pada saat ini, ketika CPU membaca data dari hard drive, data ditransfer dari hard drive kepada south bridge, kemudian ke north bridge (menggunakan dedicated bus) dan kemudian CPU (atau langsung ke memory, jika metode Bus Mastering – a.k.a DMA – sedang digunakan). Seperti yang Anda lihat, PCI bus tidak digunakan sama sekali pada transfer ini, yang tidak terjadi pada arsitektur sebelumnya.

Kecepatan dari dedicated bus ini tergantung pada model chipset. Contohnya, pada chipset Intel 925X, bus ini memiliki kecepatan transfer maksimum 2 GB/s. Pabrikan menyebut bus ini dengan nama yang bermacam-macam:

* Intel: DMI (Direct Media Interface) atau Intel Hub Architecture (*)
* ULi/ALi: HyperTransport
* VIA: V-Link
* SiS: MuTIOL (**)
* ATI: A-Link atau PCI Express
* NVIDIA: HyperTransport (**)

(*) Interface DMI adalah yang terbaru. digunakan pada chipset i915 dan i925 dan menggunakan dua jalur data terpisah, satu untuk transmisi data dan lainnya untuk penerima (full-duplex communication). Intel Hub Architecture, digunakan oleh chipset terdahulu, menggunakan jalur data yang sama untuk kedua transmisi dan penerimaan (half-duplex communication).

(**) Beberapa NVIDIA dan chipset SiS hanya menggunakan satu chip, contohnya fungsi baik north dan south bridge diintegrasikan ke dalam satu chip saja.

Pada Radeon Xpress 200 dari ATI, komunikasi antara north dan south bridge menggunakan dua jalur PCI Express. Hal ini tidak mempengaruhi performa sistem, karena tidak seperti PCI, bus PCI Express tidak dibagikan ke semua peralatan PCI Express. Ini merupakan solusi point-to-point, yang artinya bus hanya menghubungkan dua peralatan, yaitu receiver dan transmitter; tidak ada peralatan lain yang dapat disambungkan kepada koneksi ini. Satu jalur digunakan untuk transmisi data dan lainnya untuk penerimaan data (full-duplex communication).

HyperTransport bus juga menggunakan jalur data terpisah, satu untuk transmisi data dan lainnya untuk penerimaan (full-duplex communication).


http://www.koc2.com/warung-kopi-tik/14272-yang-perlu-diketahui-tentang-chipset/

Senin, 20 Desember 2010

menutupi kebatilan dengan kebaikan

sebenarnya saya sangat berat menulis ini.tetapi akan saya coba menyampaikan apa yang menurut saya dan berlandasakan al-quran dan sunnah adalah benar.
saya akan mengulas sedikit kontroversi tentang film yang mengatas namakan islam yaitu ketika cinta bertasbih.maybe gw gak punya waktu buat bertele-tele.langsung aja apa yang kira-kira berat buat saya terima. 

- Sebuah “adegan ranjang” yang dipertontonkan ketika tokoh Furqan dan tokoh Anna Althafunnisa akan menunaikan misinya sebagai suami istri.dalam film KCB
Walau adegan itu tidak dipertotonkan secara vulgar, namun pose seorang istri yang tidur di ranjang dan suami yang bersiap-siap untuk memnuhi kewajibannya sangat tidak pantas ditaruh pada isi cerita. Apalagi film fenomenal ini bergenre Islami, yang diangkat dari novel Islami, dan bernuansa Islami. Padahal Allah jelas-jelas melarang kaummnya untuk mendekati zina. ”Dan janganlah engkau mendekati zina, karena (di dalamnya) terdapat keburukan dan merupakan jalan yang buruk” (Al Maidah)

- Ini belum kita hitung pada penayangan sinetron KCB yang tayang di RCTI pada jam-jam dimana Allah malah menyuruh kita untuk khusyuk mendirikan Shalat Maghrib bukan malah di depan TV.

- Pada suatu bagian cerita, Tokoh Khoirul Azzam dan Anna Althafunnisa terihat duduk berdampingan tanpa ada hijab yang memenuhi syari’.bahkan sekali berpelukan.

-Penulis bisa menebak, bahwa sang sutradara ingin betul-betul membawa penonton untuk mengakui bahwa kedua pasangan ini adalah suami-istri. Tapi bukankah pada sejatinya mereka berdua bukanlah sejoli yang sah? Bukankah masing-masing mereka pun jua belum menikah sampai detik ini? Terlebih, diakui atau tidak, kedua aktor ini telah kadung dicap seorang muslim dan muslimah hanif.
Penulis yakin, sebenarnya mereka sudah tahu tentang bagaimana tentang aturan hijab antara dua sejoli non muhrim. Uniknya, mereka berdua di film itu memerankan akting sebagai ustadz dan ustadzah yang justru mengajarkan tentang hijab. Seperti, Tokoh Azzam yang tidak mau ditemui Tokoh Elliana jika hanya berdua saja. Sebab dalam sinteron itu, mereka bukan pasangan suami isteri.

- Lalu bagaimana Azzam menundukkan pandangan mata ketika adalah salah seorang santriwati yang takjub dengan ketampanananya. Tapi tentunya akan menjadi ganjil, ketika Azzam (Kholidi Asadil Alam) justru berpandangan berlama-lamaan dalam sebuah setting cerita dengan Anna Althafunnisa (Okki setiana Dewi). Padahal dalam Islam kita mengenal batasan memandang lain jenis yang bukan muhrim. Tentu ini bisa menjadi bahan telaah dalam menagrungi dakwah di jalur perfilman.
Lagi-lagi penulis di sini bukan dalam kapasitas untuk membelenggu “ikhtiar” dari banyak orang untuk memperkenalakan Sinetron-sinetron islami atau dakwah untuk menetralisir atau minimal mengimbangi maraknya sinetron-sinetron sekular.
Namun hemat penulis, justru jika cara berfikir kita demikian, secara tidak langsung kita mengajarkan diri menjadi orang munafik. Padahal kita tidak butuh “Islam yang daripada enggak”, kita juga tidak butuh “Islam yang daripada gak ada sinetron Islami”.
Tapi kita hanya mau Islam yang benar-benar Islam. Islam yang tidak ada kebohongan di dalamnya. Bukan Islam yang dipelur sedemikian rupa untuk memperlihatkan kebaikan tapi justru kemudian menyisipi kebathilan dalam hembusannya. Meminjam sebuah judul Bab dalam kitab Dirasah Islamiyah karangan Asy Syahid Sayyid Quthb bahwa: Ambil Islam seluruhnya atau tidak sama sekali. Selesai!
“Dan diantara manusia (orang munafik) itu ada orang yang mengatakan: Kami beriman kepada Allah, dan hari akhir, sedang sebenarnya mereka bukan orang beriman” (Al Baqarah ayat 8-9)

1 lagi pertanyaan teman saya yang mungkin harus saya jawab.afwan bukan saya merasa lebih pintar dari yang bikin buku.tapi saya yakin adegan ini pasti meminta persetujuan dari yang bikin buku.jadi ustad juga manusia.dan saya rasa kalo seorang muslim tau kesalahannya dia akan memperbaikinya.bukannya kemungkaran yang disaksikkan oleh jutaan mata...

dalil terakhir
walatalbisi haqu bilbatil
janganlah sekali-sekali kamu mencampuri kebaikan itu dengan kebatilan
(QS:albaqoroh)afwan klo salah.lupa ayatnya.cari sendiri ya....

wallahuallam bisawab

terms on monitor and television

Memilih monitor yang tepat memang gampang-gampang susah. Seringkali kita sebagai pembeli dibuat bingung oleh berbagai macam “jargon marketing” dan istilah teknis yang sulit dimengerti. Sebelum berbelanja, ada baiknya jika Anda berkenalan terlebih dahulu dengan jargon-jargon dan istilah-istilah tersebut agar Anda tidak salah menjatuhkan pilihan pada calon monitor Anda. Tim JagatReview sudah merangkum jargon-jargon dan istilah-istilah beserta penjelasannya untuk Anda!
3D Vision: Merupakan standar teknik tampilan 3D dari NVIDIA yang mengandalkan active-shutter glasses. Monitor LCD -atau perangkat display lain, seperti proyektor- yang mendukung teknologi 3D Vision memiliki refresh rate sebesar 120 Hz atau dua kali refresh rate monitor LCD pada umumnya. Hal ini diperlukan untuk menampilkan dua frame secara bersamaan di layar, yang akan disatukan oleh kacamata 3D untuk member ilusi kedalaman (depth) pada game, film, maupun gambar diam.

Perangkat yang dibutuhkan oleh 3D vision meliputi monitor 3D (dengan refresh rate 120Hz), dan kit 3D Vision (active-shutter glasses dan wireless transceiver).
Analog: Transmisi data yang memanfaatkan variasi (modulasi, amplitudo) sinyal elektrik untuk mengirimkan data dari satu alat kea lat lainnya. Untuk display komputer, sinyal analog digunakan untuk mentransmisikan data dari graphics card (melalui port D-SUB) ke perangkat tampilan seperti monitor CRT dan proyektor. Monitor LCD juga dapat menerima sinyal analog yang dikonvers menjadi informasi digital sebelum gambar ditampilkan.
Aspect Ratio: Proporsi tinggi layar berbanding lebar layar, biasanya dinyatakan dengan perbandingan,  misalnya “4:3” yang menyatakan bahwa proporsi ukuran tinggi dan lebar layar adalah 4 berbanding 3. Layar LCD widescreen memiliki aspect ratio 16:10 atau 16:9 sehingga tampak lebih melebar. Monitor CRT biasanya memiliki aspect ratio 4:3, sedangkan monitor LCD yang lebih modern menggunakan aspect ratio widescreen 16:10 atau 16:9.

Perbandingan bidang pandang antara aspect ratio 4:3 (kiri) dan 16:9. Perhatikan bahwa aspect ratio 4:3 menampilkan sisi bawah dan atas lebih banyak, sementara aspect ratio 16:9 menyajikan sisi kanan dan kiri yang lebih luas
Back Lighting (Full-Array) : Teknik penerangan layar LCD yang menempatkan lampu penerang di belakang layar LCD. Berfungsi untuk menerangi gambar di layar agar dapat dilihat oleh pengguna (lapisan LCD tidak bercahaya, dan memerlukan penerangan tambahan). Jenis yang umum digunakan antara lain ELP (Electroluminescent Panel), CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp), HCFL (Hot Cathode Fluorescent Lamp) dan LED (Light Emitting Diode). Teknik penerangan lainnya adalah Edge Lighting.
Backlit: Mengacu pada jenis layar LCD yang lampu penerangnya terletak di belakang layar. Tipe lainnya adalah Edge Lit (edge lighting).
Bezel: Tubuh plastik di sekitar layar LCD yang membungkus layar dan memberi bentuk pada monitor.
Brightness: Tingkat luminance sebuah layar LCD yang menentukan kecerahan layar. Diukur dengan satuan nits atau candelas per meter persegi (cd/m2). Semakin besar angkanya, semakin cerah pula layar.
Capacitive Touch Screen: Jenis touchscreen yang menggunakan lapisan konduktif di bagian permukaan untuk mendeteksi sentuhan pada layar. Biasanya dioperasikan melalui sentuhan langsung (misalnya dengan jari) dan dapat dilengkapi dengan fungsi multitouch. Beberapa monitor LCD memiliki fungsi ini.
CCFL: Singkatan dari Cold Cathode Fluorescent Lamp. Merupakan jenis lampu penerang yang umum digunakan untuk menerangi layar monitor LCD sehingga gambar di layar dapat terlihat oleh pengguna. Jenis lainnya adalah lampu LED yang mulai banyak digunakan di monitor-monitor LCD modern.
Contrast Ratio: Perbedaan tampilan dalam hal intensitas antara warna hitam tergelap dan warna putih yang paling terang pada sebuah monitor LCD. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus warna yang ditampikan dan semakin tinggi detail yang dapat ditampilkan di daerah-daerah gelap pada layar. Namun, karena masing-masing produsen menggunakan metode pengukuran kontras yang berbeda-beda, angka contrast ratio belum tentu mencerminkan kualitas yang sesungguhnya. Teknik Dynamic Contrast Ratio mempertinggi rasio kontras dengan mengorbankan detail pada area gelap. Monitor LCD dengan lampu LED memiliki rasio kontras yang lebih tinggi daripada LCD dengan lampu CCFL. Hasil terbaik diberikan oleh monitor LCD dengan back-lit LED.

Perbandingan kontras antara tipe lampu (CCFL dan LED) serta perbedaan teknik lighting (edge-lit dan back-lit). Back-lit LED memberikan kontras paling tinggi/ baik (warna hitam paling pekat)
Color Temperature: Variasi warna putih pada layar monitor, dinyatakan dalam derajat Kelvin (derajat Kelvin adalah unit pengukuran suhu) dan berpengaruh pada warna-warna lain. Pada monitor komputer, besaran umumnya berkisar antara 4500-9300 Kelvin. Semakin rendah angkanya, warna putih akan tampak semakin “hangat” (kekuning-kuningan), sementara bila semakin tinggi maka warna putih akan tampil lebih “dingin” (kebiru-biruan). Warna “putih” (daylight) berada pada kisaran 6000 Kelvin.

CRT: Singkatan dari Cathode Ray Tube. Gambar di Monitor CRT dihasilkan oleh lapisan fostor di layar yang menyala ketika terkena “tembakan” elektron dari katoda di bagian belakang monitor. Monitor CRT menggunakan tabung hampa untuk memperkuat sinyal elektron dan karena itu berukuran lebih besar dan berat daripada monitor LCD yang mulai banyak menggantikannya.

Diagram penjelasan cara kerja monitor CRT, dilihat dari sisi samping
DDC: Display Data Channel, standar yang ditetapkan oleh VESA untuk komunikasi antara monitor dan graphics card. Dengan menggunakann DDC, graphics card dapat mengetahui kapabilitas dari monitor yang terhubung dengannya, seperti resolusi maksimal, kedalaman warna, dan lain-lain. Informasi tersebut diperlukan untuk menghasilkan data konfigurasi display yang akurat.
Dead Pixel: Istilah yang mengacu pada pixel yang “rusak” dan tidak merespon sinyal gambar dengan benar pada sebuah layar LCD. Disebabkan oleh transistor yang rusak atau distribusi liquid crystal yang tidak merata.

Contoh deadpixel (pixel hitam di bagian tengah) pada monitor LCD
De-Interlacing: Proses untuk menghilangkan artifak “interlacing: yang muncul di video interlaced yang ditampilkan pada perangkat display jenis progressive scan seperti monitor komputer.
Display Color: Jumlah warna yang mampu ditampilkan oleh sebuah monitor, biasanya sebanyak 16,7 juta warna.
Display Port: Standar interface display digital masa depan yang diajukan oleh VESA. Merupakan interkoneksi video/ audio digital yang bebas royalti dan ditujukan untuk keperluan output gambar dari komputer ke monitor, atau dari komputer ke sistem home theater. Graphics card modern mendukung keluaran gambar dari Display Port. Versi lebih kecil -disebut sebagai mini-Display Port- juga tersedia dan dapat ditemukan antara lain pada seri notebook Macintosh terbaru.

Perbandingan antara konektor Display Port (kiri) dan HDMI (kanan)

Konektor mini-Display Port pada graphics card (bawah) dan ujung kabel mini-Display Port yang terhubung ke monitor (atas)
Dot Pitch: Jarak 2 titik fosfor (atau 2 sel di monitor LCD) yang berwarna sama pada layar, diukur dari bagian tengah masing-masing pixel. Semakin kecil angkanya, semakin tajam gambar yang dihasilkan.

Ilustrasi jarak dot pitch, diukur dengan satuan millimeter
D-SUB: Kependekan dari  “D-SUBminiature connectors”. Merupakan keluarga konektor yang sering digunakan di peralatan komputer dan komunikasi, termasuk meneruskan sinyal display ke monitor. Jenis yang dipakai untuk keperluan output gambar memiliki 15-pin. Juga dikenal sebagai konektor “VGA” yang menyalurkan sinyal analog.

Konektor D-SUB memiliki 15 pin
DVI: Digital Video Interface, standar konektor display yang dikembangkan oleh Digital Display Working Group (DDWG). Terdapat tiga jenis konektor DVI: 1. DVI-A (menyalurkan sinyal Analog) 2. DVI-D (menyalurkan sinyal digital) 3. DVI-I (Integrated, menyalurkan sinyal digital dan analog). Jenis yang umum terdapat pada graphics card adalah DVI-I, yang memungkinkan konversi ke konektor D-SUB karena bisa menyalurkan sinyal analog. DVI adalah interface optimal untuk jenis display LCD karena sinyal digital dari graphics card langsung diteruskan ke monitor tanpa terlebih dahulu dikonversi menjadi sinyal analaog (seperti yang terjadi pada konektor D-SUB).

Konektor DVI-I
Edge-Lighting: Teknik penerangan layar LCD yang menempatkan lampu penerang di sekeliling (dan bukannya di belakang seperti pada back lighting) agar ukuran layar dapat dipertipis. Cahaya disebarkan secara merata menggunakan sebuah panel diffuser. Lampu yang digunakan umumnya dari jenis CCFL atau LED. Kekurangannya, tampilan gambar tidak sebaik yang dihasilkan oleh teknik back lighting (full-array).

Perbedaan teknik penerangan LCD: edge-lighting dengan lampu CCFL konvensional (kiri), edge –lighting dengan lampu LED (tengah) dan back-lighting/ full-array dengan lampu LED (kanan)
High-Definition: Standar video dengan resolusi yang lebih tinggi dari resolusi tradisional (720×576 untuk sistem PAL dan 720×480 untuk sistem NTSC) sehingga menghasilkan gambar yang jauh lebih tajam. Monitor atau televisi High-definition mampu menampilkan gambar dengan resolusi setidaknya 720 progressive (1280×720) atau 1080 interlaced (1920×1080), keduanya memiliki aspect ratio 16:9.
HDMI: Singkatan dari High-Definition Multimedia Interface. Merupakan kabel berukuran kecil yang mampu menyalurkan sinyal video dan audio digital tak terkompresi secara bersamaan. Interface ini sudah banyak digunakan oleh berbagai macam perangkat audio-video, mulai dari PC desktop, monitor/ TV, hingga console game.

Kabel HDMI mampu menyalurkan sinyal video dan audio sekaligus
IPS: In-Plane Switching, salah satu tipe monitor LCD TFT (Thin Film Transistor) yang memiliki sudut pandang (viewing angle) dan reproduksi warna yang lebih baik daripada monitor LCD TFT tipe TN. Biasanya  layar LCD tipe IPS digunakan oleh monitor LCD untuk professional yang berharga mahal. Jenis layar ini juga dapat ditemui di beberapa perangkat mobile, seperti Macbook dan iPad dari Apple Computer.
Interlaced Video: Teknik interlacing digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar tanpa menambah ukuran bandwidth yang diperlukan. Teknik ini dimaksudkan untuk digunakan pada televise CRT. Gambar yang ditampilkan secara interlacing diproyeksikan dalam dua jenis garis genap dan ganjil, masing-masing mengandung potongan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan kemudian disatukan untuk membentuk frame utuh. Jika video interlaced diputar pada perangkat display progressive scan tanpa de-intelacing, akan muncul efek artifak “interlacing” berupa garis-garis terputus pada obyek yang bergerak cepat.

Contoh efek artifak “interlacing”
LCD: Liquid Crystal Display, teknologi display yang pada dasarnya menggunakan Kristal cair yang diapit oleh polarizing filter dan substrat kaca yang diberi pencahayaan tambahan (reflective, edge/ back lighting, dll.) agar permukaan layar dapat terlihat karena liquid crystal tidak menghasilkan cahaya. Kelebihan utamanya dibanding teknologi display CRT adalah ukuran layar yang jauh lebih tipis dan ringan, serta konsumsi daya yang lebih rendah. Jenis LCD yang umum digunakan di monitor komputer adalah layar tipe TFT yang menggunakan Thin Film Transistor untuk meningkatkan kualitas gambar.
LED: Light Emitting Diode. Perbedaan antara monitor LCD “LED” dengan monitor LCD “biasa” terletak pada jenis lampu yang digunakan untuk menerangi layar LCD. Monitor LCD pada umumnya menggunakan lampu CCFL (Cold Cathode Fluorescent Light), sedangkan monitor LCD “LED” menggunakan light emitting diode yang lebih hemat daya dan menghasilkan gambar yang lebih baik (dengan teknik penerangan back-lighting). Oleh karena itu, lebih tepat jika monitor LED disebut sebagai “monitor LCD dengan lampu LED”. Berkat lampu LED, monitor LCD dapat dibuat lebih hemat daya dan  lebih tipis daripada  monitor LCD dengan lampu CCFL konvensional.

Monitor LCD dengan lampu LED dapat dibuat sangat tipis
Native Resolution: Resolusi optimum sebuah monitor LCD dimana gambar akan ditampilkan dengan kualitas yang paling baik. Biasanya, jika monitor LCD disetel pada setting resolusi selain native resolution-nya, gambar di layar akan tampak mengalami penurunan kualitas.
OLED: Singkatan dari Organic Light-Emitting Diode. Jenis layar yang menggunakan lapisan semikonduktor organic yang diselipkan di antara dua elekroda. Karena semikonduktor ogranik ini memancarkan cahaya sendiri, layar OLED tidak membutuhkan lighting tambahan seperti layar LCD dan mampu menampilkan kontras warna yang lebih baik. Layar OLED banyak digunakan di gadget seperti smartphone.

Diagram layar OLED
OSD: On Screen Display, tampilan menu di layar monitor di mana semua pengaturan display dilakukan.
Pixel: Picture Element, satu elemen individu (unit terkecil) dalam susunan gambar raster yang membentuk keseluruhan tampilan. Semakin tinggi jumlah pixel dalam sebuah bidang, semakin tajam tampilan gambarnya.

Contoh tampilan pixel yang menyusun kata pada monitor komputer. Masing-masing pixel tampak sebagai bidang kotak kecil yang –saat disusun bersama-sama- membentuk keseluruhan tampilan gambar
Plasma Display: Monitor plasma menggunakan gas dan fosfor untuk menghasilkan gambar. Karena menghasilkan cahaya sendiri, monitor plasma tidak membutuhkan lighting tambahan seperti pada monitor LCD.

Perbedaan teknik penampilan gambar antara monitor plasma (kiri) dan LCD (kanan)
Progressive Scan: Metode penampilan gambar dimana transisi gambar ditampilkan secara utuh –bukan bergantian garis ganjil dan genap seperti pada teknik interlaced- sehingga bebas dari artifak “interlacing”.
Resolusi: Ukuran jumlah pixel dalam sebuah bidang layar dengan format “tinggi x lebar”. Sebuah layar yang memiliki resolusi “1600×1200” berarti memiliki 1600 pixel di sisi lebarnya dan 1200 pixel di sisi tingginya. Semakin tinggi jumlah pixel, semakin tajam gambar yang dihasilkan. Perhitungan ini juga diterapkan di gambar digital. Resolusi 1600×1200 bisa juga disebut sebagai resolusi 2 megapixel/ 2 jutapixel (1600×1200= 1.920.000 pixel).
Refresh Rate: Biasa juga disebut sebagai “vertical refresh rate” atau “vertical scan rate”. Menyatakan jumlah penggambaran ulang (refresh) per detik yang bisa dilakukan oleh sebuah layar monitor, diukur dengan satuan Hz (hertz, dalam hal ini, berapa banyak refresh yang dilakukan per detik). Pada monitor CRT, refresh rate yang rendah (di bawah 75 Hz atau 75 refresh per detik) mengakibatkan tampilan layar terlihat berkedip. Monitor LCD tidak mengalami masalah ini dan biasanya memiliki refresh rate sebesar 60 Hz. Beberapa monitor LCD generasi terbaru yang didesain untuk menampilkan gambar 3D (active shutter memiliki refresh rate sebesar 120 Hz karena menampilkan 2 frame berbeda pada satu waktu.
Response Time: Waktu yang diperlukan oleh sebuah pixel di monitor LCD untuk berubah dari satu warna ke warna lainnya. Diukur dalam satuan milidetik (millisecond/ MS). Semakin kecil angkanya, semakin cepat transisi warnanya. Response time yang tidak cukup cepat dapat mengakibatkan efek “ghosting” berupa bayangan objek yang bergerak cepat, karena pixel terlambat berubah warna.

Contoh efek ghosting (kiri) dibandingkan gambar normal (kanan)
TFT: Thin Film Transistor. Monitor TFT menggunakan layar LCD yang tiap pixelnya memiliki satu transistor untuk membantu meningkatkan kualitas tampilan gambar.
VESA: Video Electronic Standard Association. Lembaga yang mengatur standarisasi aspek-aspek yang terkait dengan teknologi display komputer.
Viewing Angle: Besaran sudut vertikal dan horizontal di dalam mana pengguna dapat melihat tampilan layar monitor LCD sebelum luminansi dan warna pada layar tampak berubah karena perbedaan sudut kedatangan cahaya ke mata. Semakin tinggi angkanya, layar akan semakin mudah dilihat dari samping.
VGA: Video Graphics Array. Mengacu pada graphics card, atau jenis resolusi (640×480) atau jenis sinyal analog yang disalurkan melalui output D-SUB.

sumber : www.jagatreview.com

Minggu, 19 Desember 2010

OC Accessoris

sedikit saya akan memberikan sedikit accessoris yang biasanya diperlukan untuk melakukan overclock menengah sampai tingkat ekstream.



High RPM Fan

Penggunaan fan dengan RPM tinggi sudah bukan hal yang aneh di kalangan overclocker yang sering “memaksa” hardware mereka untuk berlari lebih kencang. Fan yang mampu menyemburkan angin dengan kencang akan membuat heatsink yang digunakan memiliki kinerja yang lebih maksimal. Umumnya, fan dengan RPM kencang ini ditujukan untuk komputer server. Tetapi, Anda tetap dapat menggunakannya sebagai salah satu penunjang agar komputer yang ter-overclock tinggi tidak mengalami overheat.
Jika tidak ditemukan label/informasi mengenai RPM maksimum yang diusung fan, Anda dapat melihat besaran Ampere yang ada pada label fan tersebut. Umumnya, sebuah fan yang memiliki besaran Ampere (daya) lebih besar akan memiliki RPM yang lebih tinggi sehingga Anda dapat memperkirakan kemampuan fan tersebut tanpa perlu melihat label spesifikasi.
 

Memory Cooler

Perkembangan memory sekarang ini semakin mengarah pada penggunaan chip memory yang memiliki frekuensi tinggi. Seringnya penggunaan frekuensi yang tinggi pada memory juga mengakibatkan suhu operasional memory turut meningkat hingga akhirnya cukup banyak produsen yang menciptakan memory cooler sebagai pendamping memory tersebut. Dengan pemakaian memory cooler, suhu memory RAM dapat diturunkan menjadi lebih rendah sehingga mengurangi resiko memory mengalami overheat ketika dijalankan pada frekuensi yang lebih tinggi dari frekuensi standarnya.


 

Thermalpaste

Material ini sering kali disepelekan oleh kalangan pengguna PC. Padahal, sebenarnya material yang bernama thermalpaste inilah yang akan mengisi sela-sela kosong di antara prosesor dan heatsink yang berfungsi untuk memaksimalkan transfer panas dari prosesor ke heatsink. Oleh karena itu,  penggunaan thermalpaste yang lebih baik akan membuat kemampuan transfer panas menjadi lebih baik pula.


Bench Table

 digunakan sebagai pengganti casing, sehingga penggunaannya lebih kompleks, bench table ini memungkinkan overclocker untuk meletakkan peripheral overclockingnya lebih leluasa sehingga tidak repot ketika misalnya pemasangan pendingin LN atau aircooling misalnya.


WaterCooling

Umumnya, pendingin yang berbasis watercooling memiliki performa yang lebih baik dibandingkan heatsink biasa. Hingga sekarang, sudah cukup banyak produsen pendingin yang membuat watercooling compact untuk memudahkan pengguna baik dalam pemasangan ataupun maintenance. Tetapi, seiring dengan perkembangan heatsink yang semakin lama semakin baik, daya saing watercooling compact semakin berkurang karena kemampuannya mendinginkan kurang efektif. Jika Anda ingin mendapatkan performa yang benar-benar baik dari sebuah watercooling, disarankan membeli komponen-komponen watercooling secara terpisah sehingga Anda dapat memilih komponen tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Waterblock

Salah satu komponen yang cukup berperan dalam menentukan performa watercooling Anda. Waterblock ini berfungsi sebagai penyerap panas dari prosesor dan melepaskan panas tersebut pada air/coolant yang terpompa ke dalam waterblock tersebut.




Radiator

Bagian ini memegang peranan penting dalam melepaskan panas yang sudah diserap oleh waterblock baik dari prosesor maupun GPU. Semakin lebar permukaan radiator yang dapat didinginkan fan, semakin baik pula radiator tersebut menurunkan suhu air yang digunakan. Jika hanya menggunakan satu radiator untuk mendinginkan panas dari prosesor dan GPU, kami menyarankan untuk menggunakan radiator yang setidaknya mampu menampung 3-4 kipas pada satu  sisi agar suhu air dapat diturunkan secara maksimal ketika sudah melakukan overclock yang cukup tinggi.



 

Extreme Cooling

untuk mendapatkan sebuah hasil yang maksimal dalam overclock tentu salah satu hal perlu diperhatikan adalah pendingin.salah satu pendingin yang cukup ekstream adalah penggunaan LN atau LH.sehingga memerlukan wadah tersendiri untuk menampung cairan pendingin tersebut.dan tentunya anda tidak akan mau meninggalkan barang yang satu ini.




Bahan Insulasi

Kneaded Eraser

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk melakukan insulasi motherboard ataupun GPU adalah kneaded eraser. Kneaded eraser sendiri adalah penghapus karet yang banyak digunakan di kalangan pelukis. Penghapus ini umumnya berwarna abu-abu, bersifat lunak, dan dapat dibentuk-bentuk seperti lilin mainan. Keunggulan dari bahan insulasi ini adalah sifatnya yang mudah menempel satu sama lain sehingga pada saat kita mencabut kneaded eraser dari motherboard, jarang tersisa serpihan kecil pada sela-sela transistor atau komponen kecil motherboard. Sayangnya, harga kneaded eraser di Indonesia cukup tinggi dikarenakan pengunaan kneaded eraser yang kurang populer di Indonesia.
Paper Tak / Power Tack

Termometer

Sewaktu melakukan extreme overclocking, thermometer merupakan salah satu alat yang diperlukan untuk mengetahui suhu prosesor Anda karena umumnya jika suhu prosesor sudah berada dibawah 0 derajat celcius, perangkat pembaca temperatur yang tertanam di motherboard sudah tidak dapat membaca suhu dengan akurat sehingga kita membutuhkan perangkat thermometer secara terpisah.
Thermometer yang tersedia di pasaran sangat banyak jenisnya. Tapi, kalangan overclocker lebih sering menggunakan thermometer dengan sensor yang berjenis K-Type. Jika Anda masih mencoba-coba untuk melakukan extreme overclock, Anda dapat membeli thermometer yang memiliki kemampuan untuk membaca suhu hingga kurang lebih -60 dengan harga yang berkisar di antara Rp500.000-Rp700.000. Namun, jika Anda ingin thermometer yang lebih baik, Anda dapat memilih thermometer dengan rentang baca suhu lebih jauh dan kecepatan update baca suhu yang jauh lebih cepat. Tentu saja kelebihan tersebut harus ditebus dengan harga yang jauh lebih mahal.


Senin, 13 Desember 2010

Cinta adalah Fitrah

     Rasa cinta merupakan fitrah dari Allah yang tidak mungkin dapat dihilangkan. Siapapun orangnya pasti memiliki rasa cinta. Tua, muda, besar, kecil, kaya miskin pasti memilikinya. Bahkan tidak hanya manusia, binatang pun memiliki rasa cinta.

      Karena rasa cintanya, induk ayam akan senantiasa melindungi anak-anaknya dari bahaya. Induk burung akan kembali ke sarang setelah seharian mencari makan, induk kuda akan mengangkat kakinya karena takut menginjak anaknya. Bahkan karena rasa cinta pula sang raja hutan tidak akan pernah menyantap anaknya.

      Fenomena inilah yang kemudian dianalisis dan dibuktikan oleh ilmuan kita, Harun Yahya sehingga mampu meruntuhkan teori evolusi yang lama berjaya. Teori evolusi yang diusung oleh Charles Darwin beranggap bahwa evolusi terjadi karena seleksi alam. Atas dasar ini diasumsikan bahwa seluruh mahluk hidup sejak zaman baheula nyampe sekarang saling berseteru, berkelahi atau bermusuhan dan saling melenyapkan satu sama lain supaya dapat survive di alam. Sehingga yang satu menjadi musuh bagi yang lain, yang kuat memangsa yang lemah, dan homo hominus pun berlaku.

      Padahal setelah diteliti, ternyata para binatang juga bisa saling menyayangi. Untuk lebih detailnya bisa lihat filmnya langsung. Atau baca bukunya. "Keruntuhan Teori Evolusi". nggak pa pa kan?.

     Rasa cinta, terutama kepada lawan jenis merupakan fitrah yang dimiliki oleh setiap insan, sebagai karunia berharga dari Allah Swt. Rasa cinta, cenderung tertarik kepada lawan jenis tidak boleh dikekang apalagi dilarang. Islam adalah agama fitrah, maka Islam menghargai fitrah tersebut. Islam tidak mengenal konsep hidup membujang seperti halnya rahib-rahib yahudi atau para pendeta Nasrani yang menghindari wanita alias enggan menikah,. perbuatan tersebut, walaupun dengan niat dan tujuan untuk memperbanyak ibadah serta mendekatkan diri kepada Allah tetap saja dilarang.

     Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, katanya: Ada tiga orang laki-laki datang berkunjung ke rumah istri-istri Nabi SAW bertanya tentang ibadah beliau. Setelah diterangkan kepada mereka, kelihatan bahwa mereka menganggap bahwa apa yang dilakukan Nabi itu terlalu banyak. mereka berkata: kita tidak dapat disamakan dengan Nabi. Semua dosa beliau yang telah lalu dan yang akan datang telah diampuni oleh Allah." salah seorang dari mereka berkata: untuk saya, saya akan selalu bersembahyang sepanjang malam selama-lamanya. "orang kedua berkata: saya akan berpuasa setiap hari, tidak akan berbuka." orang ketiga berkata: "saya tidak akan pernah mendekati wanita. saya tidak akan kawin selama-lamanya." Setelah itu Rasulullah datang. Beliau berkata: kamukah orangnya yang berkata begini dan begitu ? Demi Allah ! saya lebih takut dan lebih bertaqwa kepada tuhan dibandingkan dengan kamu. tatapi saya berpuasa dan berbuka. Saya sembahyang dan tidur, dan saya kawin. Barang siapa yang tidak mau mengikuti sunnahku, tidak termasuk dalam golonganku. (HR : Bukhari )

     Tu..Islam benar-benar agama fitrah loh!. Jadi, akan mungkin ajarannya bertentangan dengan fitrah manusia. Rasulullah berpuasa, juga berbuka. Beliau solat malam dan juga tidur. Beliau juga berumah tangga dan bergaul degan wanita (istrinya).

     Sebagaimana Islam adalah agama fitrah. maka Islam juga menghargai rasa cinta yang merupakan fitrah manusia. Hanya saja Islam mengemasnya dengan baik, sehingga mengantarkan pemiliknya menjadi mahluk yang mulia dan bermartabat. Rasa cinta yang diajarkan oleh islam harus dibingkai dalam suatu media ikatan suci yaitu pernikahan...jadi bukannya seperti yang kita lihat pacaran sebelum menikah bahkan nauzubillah melakukan hal yang lebih hina dibanding binatang di tempat umum.
 
     DR. mahmud bin Asy-syarif dalam kitabnya, Al-Hubbi fi Al-Quran menyatakan bahwa setiap orang yang memiliki hati niscaya akan merasakan cinta dan suatu saat nanti pasti akan jatuh cinta.

Kamis, 09 Desember 2010

film transformer 3 akan segera dirilis

apa yang membuat google chrome begitu cepat


     Browser besutan google, chrome memang asisten yang licik. Browser yang dicurigai sebagai spionaris, ternyata dapat bekerja dengan cepat. saat menampilkan halaman atau menjalankan script, chrome mampu mengalahkan pesaingnya Firefox dan Internet Explorer. halaman HTML yang dapat ditampilkan dua kali lebih cepat dan JavaScript bahkan mampu dieksekusi sampai enam kali lebih cepat.apa yang membuat chrome begitu cepat?ternyata tambahan kecepatan yang diperoleh browser ini diambil dari mesin lain.mesin utama chrome adalah WebKit, sebuah HTML Rendering Library. mesin ini dikembangkan oleh apple sebagai basis untuk browser Safari mereka. rendering Engine ini berfungsi untuk menampilkan sebuah website dalam browser seperti layaknya halaman yang dibangun dengan bahasa HTML WebKit yang juga diaplikasikan pada mobile phone ini terhitung sangat lambat dalam pross pembuatannya. karena dibangun dengan pemrogramman yang ramping dan memmory load yang optimal sehingga menawarkan kecepatan lebih.internet tidak hanya dibangun dari HTML, tetapi juga elemen lain seperti JavaScript. dengan aplikasi berbasis web seperti Google Docs, browser menjalankan keseluruhan program dan ini membutuhkan resource besar. tenaga yang diperlukan diambil Google dari V8 JavaScript Engine yang dikembangkan sendiri dan dioptimalkan untuk kecepatan dengan trik tertentu. Engine menyediakan sebuah hidden class yang akan mengelompokkan objek-objek yang sama. bila objek tersebut diperlukan, akses menjadi lebih cepat dari pada menggunakan teknik biasa. memmory management pada V8 cukup membuatnya hemat waktu. Instruksi langsung diberikan dalam machine code dan langsung diproses oleh CPU. tiap proses ini memang hanya memberikan penghematan waktu dalam hitungan milidetik, namun, apabila berjalan jutaan kali, tambahan kecepatan yang diperoleh cukup signifikan.
     Selain itu, Chrome memang diprogram secara jenius. saat browser menulis data ke harddisk (misalnya dalam cache), browser akan membuat proses tersendiri. dengan cara ini, harddisk yang lambat tidak akan mempengaruhi kecepatan browser. Chrome juga menawarkan hal baru dalam dunia browser, yaitu Prefetching DNS,. Bekerja di Background, fungsi ini menerjemahkan link yang diteruskan menjadi alamat IP begitu mengunjungi sebuah website. jadi, saat mengklik sebuah link, Chrome akan menghemat waktu dalam pencarian alamat pada DNS Server.


Info : www.google.com

prinsip kerja heat pipes

langsung saja karena gambarnya sudah ada diatas tanpa bertele-tele lagi akan saya jelaskan bagaimana suatu heat pipe bisa menghantarkan panas.


1. Heat
air mendidih saat menyerap energi (panas) dari processor. tekanan yang rendah artinya ini terjadi pada suhu yang sudah jauh menurun.

2. Move
ketika air mendidih ia berubah menjadi uap dan menguap ke seluruh permukaan tabung untuk menyeimbangkan tekanan.

3. Conduct
air akan berkondensasi diujung tabung yang dingin, mengeluarkan panas yang di salurkan secara merata kesemua cooling fan.

4. Repeat
aksi kapiler yang terjadi di dalam tabung tembaga membawa air turun ke arah processor untuk mengulangi proses tersebut dari awal.

kegunaan thermal grease / thermal paste

     thermal grase menutupi seluruh titik kosong sehingga seluruh bagian processor tercakup oleh heatsink.tanpanya kita akan mendapati gelembung udara microskopic yang merupakan insulator yang baik dan sesuatu yang sangat kita hindari.
 
     konduktivitas panas dan thermal grease berkisaran dari 0.3 sampai 7W/m.K. walau tidak terlihat jauh berbeda, tipe yang lebih baik dapat menurunkan beberapa derajat tambahan. semua thermal grease pada umumnya terdiri dari sebuah medium, biasanya silikon tapi terkadang juga mineral oil. pasangannya adalah suatu serbuk halus yang umumnya ada lima jenis. yang paling umum adalah serbuk putih yang terbuat dari zinc oxide dan silicon. berikutnya adalah yang berbahan dasar keramik. kemudian ada lagi yang berbahan dasar metal dengan serbuk alumunium ataupun silver yang lebih baik dari keramik. ada juga yang berbahan dasar carbon yang mengandung serbuk berlian, dan terakhir berbahan liquid metal yang biasanya terbuat dari gallium. ia paling baik menyalurkan panas karena tidak memiliki medium.

      thermal grease yang buruk biasanya tidak bertahan lama dan kita akan mendapat hasil jauh lebih baik dengan menghapusnya dengan pembersih dan menaruh thermal grease baru, cukup keluarkan sebesar butir nasi, lalu ratakan, kita ingin menutupi seluruh permukaannya. barang kecil ini tidak boleh terlewatkan

macam-macam pendingin processor

disini saya akan sedikit menjelaskan cooler-cooler yang biasa digunakan sebagai pendingin processor yang umum digunakan .

1. stock cooling
stock cooling adalah sebuah pendingin yang biasanya menjadi bawaan saat kita membeli processor

2. Water cooling is a method of heat removal from components. As opposed to air cooling, water is used as the heat transmitter. Water cooling is commonly used for cooling internal combustion engines in automobiles and large electrical generators. Other uses include cooling the barrels of machine guns, cooling of lubricant oil in pumps; for cooling purposes in heat exchangers; cooling products from tanks or columns, and recently, cooling of various major components inside high-end personal computers. The main mechanism for water cooling is convective heat transfer.


3. dry ice dan nitrogen cair
Prinsip pendinginan tipe ini sangat simpel. prosesor yang akan didinginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga(bonk) yang antinya bonk tsb akan diisi dengan Dry Ice atau Nitrogen Cair.

Image
Image


Sebelum pemasangan pendingin ini, seluruh komponen motherboard akan diolesi dengan pasta(grease) anti static untuk mencegah kondensaai(pengembunan) agar tidak terjadi korslet pada motherboard.
di sekeliling tabung juga diberi semacam bahan isolator panas untuk mencegah kondensasi.

Pendinginan tipe ini biasanya digunakan untuk pendinginan ekstrim dimana untuk mengover-clock prosesor lebih lanjut diperlukan suhu minus yang ekstrim.
Suhu pendingin Liquid Nitrogen bisa mencapai -190 derajat Celcius..


4. Phase-change cooler

Pendinginan tipe ini serupa dengan pendinginan yang digunakan pada kulkas dimana pendinginan akan didorong dengan kompresor.
Image
Image

Pendinginan ini cenderung lebih dingin dari pada TEC.


5. TEC (Thermo Electric Cooler)

Prinsip kerja pendingin ini adalah dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga di satu sisi logam akan dingin dan di sisi logam yg lain akan panas.

gambaran prinsip kerjanya adalah sebagai berikut.
Image

pendinginan dengan sistem ini memungkinkan untuk mendinginkan hingga dibawah suhu ruangan. Dalam kasus tertentu suhunya dapat mencapai dibawah titik beku air.

Reverensi :


http://en.wikipedia.org/wiki/Water_cooling
http://gudangit.freeforums.org/overclock-back-to-basic-t104-30.html

Rabu, 08 Desember 2010

wikileaks

Wikileaks adalah situs yang memuat dokumen-dokumen rahasia sebuah negara dan kemudian membocorkannya kepada umum. Pada awalnya misi Wikileaks sederhana, mereka hanya ingin “membentuk” dunia dimana pemerintah setiap negara lebih terbuka terhadap rakyat-rakyatnya, termasuk dalam hal-hal yang mungkin bisa kita kategorikan sebagai konspirasi. Dan menurut Wikileaks, hal ini dapat mulai dicapai dengan membuka dokumen-dokumen rahasia tentang informasi-informasi rahasia berbagai negara. Dan tidak mengherankan, negara-negara besar mulai berusaha menghancurkannya.

Dimulai dari serangan terhadap situs Wikileaks sendiri yang sempat membuat situs ini tidak dapat berjalan selama periode tertentu. Kemudian ditambah dengan penolakan beberapa negara terhadap situs ini untuk memindahkan domain dan server mereka di sana, membuat Wikileaks semakin sulit untuk bertahan. Serangan terakhir? Penangkapan sang otak di balik Wikileaks, Julian Assange karena tuduhan pelecehan seksual yang sesungguhnya sangat berbau politis. Apakah Wikileaks kemudian menyerah?
Dukungan justru hadir untuk melakukan protes terhadap apa yang dilakukan berbagai pemerintah terhadap situs Wikileaks ini. Sebagian mendefinisikannya sebagai sensor yang tidak lagi zaman, sebagian lainnya mulai bertindak. Dan dimulailah, Perang Cyber.
Berkumpul di website 4chan, sekelompok hacker yang benar-benar lihai di bidangnya dengan sandi nama “Anonymous” mulai melancarkan serangan sebagai bentuk dukungan terhadap Assange. Dinamakan operasi “Avenge Assange”, kelompok hacker ini melancarkan serangan terhadap situs-situs yang menarik dukungannya kepada Wikileaks, seperti PayPal, Swiss Bank Post Finace, dan MasterCard, membuat situs-situs tersebut sempat ditutup dan tidak dapat berjalan dengan semestinya. Dan sepertinya mereka tidak akan berhenti hingga tujuan mereka tercapai.

“Anonymous” sebenarnya tidak memiliki hubungan secara khusus dengan Assange, namun mereka berbagi ideologi yang sama. Pada hacker ini berjuang untuk mempertahankan dunia maya dari apa yang mereka sebut sebagai gerakan sensor dan menginginkan transparansi tetap ada di dalamnya. Sementara di pihak lain, Wikileaks juga terus berusaha disisipi oleh para hacker yang menginginkan situs ini ditutup. Maka kita dihadapkan pada sebuah perang cyber yang tak kasat mata. Sebuah perperangan tanpa darah, namun mungkin menimbulkan implikasi yang besar.

reverensi http://www.jagatreview.com/2010/12/wikileaks-memicu-perang-cyber/

perkembangan USB

     Universal serial bus (USB) merupakan salah satu penemuan terbaik yang merevolusi dunia teknologi dan informasi. Kehadiran interface inilah yang mendukung terciptanya external storage portabel, seperti USB flash disk. USB flash disk menggunakan NAND Flash Memory sebagai media penyimpanan. Pemilihan NAND Flash Memory pada saat itu disebabkan oleh kapasitas penyimpanannya yang lumayan besar  (8 MB) serta kecepatan yang baik. Kelebihan lainnya juga disumbang adalah ukuran fisiknya. Flash memory berukuran kecil sehingga memungkinkan ukuran USB flash disk menjadi ringkas.
     Pada saat pertama kali keluar, USB  hanya memiliki bandwidth sebesar  1,5 dan 12 Mbps. Bandwidth sebesar itu sudah mencukupi untuk kapasitas flash disk yang masih sebesar 8 MB. Namun, kapasitas  storage semakin membesar tiap tahunnya sehingga USB 1.0 maupun 1.1 tidak lagi mencukupi kebutuhan transfer data secara cepat. Didasari hal itu, USB berevolusi menjadi USB 2.0 yang memiliki bandwidth 480 Mbps. Saat ini, hampir seluruh perangkat yang beredar sudah meng­implementasikan interface USB 2.0. Pada 17 November 2008, USB Implementers Forum mengumumkan penerus dari USB 2.0, yaitu USB 3.0.
     Namun, baru pada Januari 2010 USB 3.0 resmi diluncurkan. USB 3.0 ini ditawarkan dengan bandwidth sebesar 5 Gbps sehingga Anda tidak perlu menunggu lama ketika memindahkan data berukuran besar. Hal ini karena, bandwidth yang ditawarkan jauh lebih besar dibandingkan pendahulunya. USB 3.0 tidak hanya menawarkan perbaikan dalam sisi kecepatan, tetapi juga perbaikan serta pengoptimalan manajemen daya. Port yang digunakan USB 3.0 menyerupai port USB 2.0 sehingga Anda tetap dapat menggunakan perangkat dengan interface USB 3.0 pada PC maupun Notebook yang  hanya memiliki  port USB 2.0. Konfigurasi seperti ini memiliki kekurangan dalam sisi kecepatan karena hanya berjalan dengan kecepatan USB 2.0 saja.
     Dalam beberapa tahun terakhir ini, Anda dapat melihat perkembangan yang signifikan pada produk external storage.  Perkembangan ini terkait dengan semakin membesarnya kebutuhan akan sebuah external storage berkapasitas besar  sehingga membuat para produsen mulai memilih untuk menggunakan media hard disk ketimbang  flash memory. Pemilihan hard disk sebagai media penyimpanan data didasarkan oleh beberapa keuntungan yang ada bila dibandingkan dengan flash memory, yaitu kapasitas yang lebih besar serta harga yang lebih murah. Kembali kebeberapa tahun terakhir dimana kebanyakan external storage masih menggunakan interface USB 2.0.
      Kecepatan transfer data yang dihadirkan interface USB 2.0 terbilang cepat pada saat itu. Namun, perkembangan kapasitas hard disk lebih cepat bila dibandingkan dengan peningkatan performa USB 2.0 yang sudah mulai mencapai titik puncaknya. Kapasitas yang terus bertambah tidak disertai penambahan kecepatan, tentunya akan membuat  Anda harus menunggu lama ketika sedang  memindahkan data berukuran besar. Oleh karena itu, produsen mulai menggunakan interface USB 3.0 pada produk terbaru mereka.


reverensi http://chip.co.id/articles/featured/2010/11/05/melesat-lebih-cepat-dengan-usb-3-0/2/

apa itu thin client ?

     Thin Client adalah sebuah jenis infrastruktur dalam dunia teknologi informasi yang menggunakan sistem de-ngan jaringan terpusat pada sebuah server dan client/workstation/desktop mengerjakan proses komputasi dari server tersebut. Konsep yang dihadirkan secara kasar mirip dengan teknologi mainframe yang menggunakan terminal ASCII/ANSI. Secara sekilas kedua teknologi ini terlihat sama karena berjalan dengan menggunakan spesifikasi komputer yang rendah dan semua sumber daya yang digunakan berasal dari server seperti, prosesor, hard disk, dan memori. Namun, ada hal mendasar yang membedakan konsep ini dengan teknologi mainframe, yaitu tek­nologi thin client mampu berjalan pada system Windows dengan dukungan lengkap layar full color, keyboard, dan mouse untuk input/output data. Selain itu, teknologi ini juga mampu menghadirkan output suara.

      Thin clint memiliki karakter yang bertolak belakang dengan tekonologi Fat Client yang masih banyak digunakan saat ini. Teknologi fat client dirancang untuk memenuhi kebutuhan komputasi dari sumber daya sendiri. Hal ini membuat teknologi fat client menjadi lebih mahal dibanding dengan teknologi thin client. Teknologi thin client disebut sebagai teknologi yang lebih efisien dari sisi harga dan pe-manfaatan kemampuan penuh dari komputer server untuk proses komputasi dari client. Thin client juga menurunkan biaya dari sisi perawatan dan investasi perangkat secara keseluruhan dibanding dengan teknologi fat client.


Batrai laptop / netbook cepat habis

     saya pengen sedikit berbagi khususnya bagi temen-temen yang saat ini kuliah yang sering mengeluh kenapa kok bantre laptopnya cepet banget habis padahal baru aja di cas dan masalah-masalah yang serupa dengannya.
oke langsung aja :
1. melakukan defrag berkala
defrag itu pada intinya merapikan kembali file-file dalam drive kamu..,
gunanya ya biar komputer kamu file-nya rapi..., jadi ya biasanya komputer yang jarang didefrag tuh akan kerasa lambat. Jadi kadang perlu di defrag agar komputer anda bisa bekerja dengan lebih optimal.

kalo di defrag, tidak akan berpengaruh pada file-filenya. file akan tetap baik-baik saja.

ada 2 cara untuk mendefrag:
1. pake tool defragmenter bawaan windows, caranya start-all program-accessories-system tool-disk defragmented.
2. pake utility/tool lain. misalnya aja, tune up utilites.

defrag menggunakan tool windows akan memindahkan/merapikan file secara fisik, jadi ini kurang disarankan karena akan menyebabkan kerusakan pada hard disk. Jadi menurut saya lebih baik menggunakan utility karena utility hanya akan memindahkan pointer dari file saja.., namun itu sudah cukup membantu. Defrag tidak perlu dilakukan sering-sering cukup sebulan sekali saja sudah cukup.
2. jangan meniggalkan cd-dvd didalam dvd rom
hal ini mungkin sepele tetapi sangat berpengaruh.hal ini disebabkan listrik akan tetap menyuplai listrik ke dvd rom walaupun tidak kita gunakan.bahkan kadang dvd rom akan tetap berputar walaupun tidak digunakan.hal ini tentu akan mengurangi batre secara langsung
3. matikan konektifitas yang tidak perlu
mungkin anda sangat sering melupakan hal ini.akan tetapi hal ini juga berpengaruh dalam penggunakan listrik.sehingga matikanlah konektifitas yang tidak digunakan,seperti mematikan konektifitas bloetooth atau wifi ketika tidak digunakan.
4. hindari melakukan multitasking
komputer mirip seperti makhluk hidup.semakin banyak pekerjaan yang dibebankan tentu semakin banyak konsumsi daya yg diperlukan.
5. cabut device yang tersambung ke USB bila tidak digunakan
walaupun hanya memakan konsumsi listrik yang sedikit.tetap saja divice yang tersambung tersebut memakan listrik.sebagaimana kata pepatah.sedikit demi sedikit lama-lama menjadi buki..xixixixi..
6. pilih hibernate dari pada standby
kenapa saya menganjurkan demikian.karena pada proses hibernate semua divice akan dimatika.lain halnya jika kita melakukan standby yang masih memakan suplai listrik.walaupun standby memiliki kemampua inisialisasi yang cukup cepat akan tetapi lain halnya jika laptop ditinggal dalam waktu yang cukup lama..
7. sting power management
bagi anda khususnya para pengguna laptop alangkah baiknya jika mengatur setingan power management pada control panel atau bisa memilihnya langsung pada gambar batrai yang ada pada tray sebelah kanan desktop dengan merubah setingan pada power saver.mungkin kinerja laptop akan terasa berkurang.tapi khususnya bagi para orang yang hanya menggunakan laptopnya untuk keperluan office mungkin ini bisa menjadi pilihan sehingga bisa lebih menghemat konsumsi power.
8. matikan program yang berjalan dibelakang layar
biasanya banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada program yang berjalan disamping program yang tampil di desktop.hanya saja tidak terlihat.untuk mematikannya Run->msconfig lalu pilih tab startup.ingat matikan hanya program yang bukan merupakan bagian dari system.
9. perkecil resolusi
pencahayaan pada layar sangat mempengaruhi ketahanan batrai.logikanya jika kita menggunakan lampu yang memiliki watt lebih besar tentu akan memakan konsumsi daya yang lebih besar juga.oleh karena itu setinglah resolusi sealakadarnya.
10. mengganti harddisk dengan SSD
yang satu ini mungkin agak berat tapi ya saya tidak bisa menyembunyikan bahwa penggunakan SSD akan lebih hemat jika kita menggunakan HD biasa.disamping ketahanan dan kecepatan dari SSD itu sendiri.
 
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090528210739AAYjOoa

apa itu benchmark

     kadang ada orang yang bilang klo komputernya sudah bisa dikatakan sebagai sistem yang cepat hanya dilihat ketika koputer itu cepat masuk ke windows atau cepat mengkopi file dari FD ke harddisk.saya tidak mengatakan hal itu salah.mungkin orang tersebut menilai cepatnya sistemnya dari sisi tersebut.akan yang akan saya jelaskan disini bukanlah dari segi tersebut.saya akan membahas seberapa cepatkah sebuah sistem komputer dalam hal ini yang dibahas secara gari besar adalah processor,memmory dan VGA cardnya.akan tetapi seseorang tentu sangat sulit menentukan apakah komputerya sudah memilik kriteria sebagai sistem yang baik atau belum.oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat untuk menjadi dasar atau barometer untuk menghitung itu yang biasa dikenal dengan sebutan sofware banchmark.
     saat inisudah sangat banyak sofware-software yang bisa digunakan untuk melakukan benchmark itu sendiri,mulai dari software yang khusus dibuat untuk melakukan benchamark sampai game yang multi fungsi sehingga game tersebut bisa juga digunakan untuk keperluan benchmark selain digunakan untuk bermain game.biasanya sofware-software ini digunakan oleh  para overclocker sebagai alat penilaian mereka untuk saling tinggi-tinggian nilai sistem mereka.sehingga dengan mnggunakan sofware ini dapat diketahui seberapa peningkatan kinerja komputer hasil tuningan atau overclockan mereka.dan perusahaan pengembang software banchmark saat  ini yang paling diminati oleh para pengguna software banchmark adalah software-software benchamark yang dikembangkan oleh perusahaan futuremark corporation.saat tulisan ini ditulis mereka sudah megeluarkan produknya yang baru yaitu 3dmark2011 yang ditengarai hanya bisa melakukan benchamark pada sistem yang sudah mendukung directx11.akan untuk para pemula yang tetapi ingin mengetaahui berapa skor benchmark dari sistem mereka yang belum mendukung directx11 bisa mencoba 3dmark2003 atau 3dmark2005 terlebih dahulu.yang jelas menyesuaikan system recomendation dari software tersebut.

mungkin sedikit yang bisa saya tulis.mohon maaf klo banyak kekurangannya.
sebagai situs reveresi : http://www.futuremark.com/