Senin, 14 Februari 2011

TASK PANE

Task Pane secara Umum
Task Pane adalah antar muka yang akan menjadi sarana antara user untuk berkomunikasi dengan dokumen atau dapat juga digunakan sebagai penghubung antara lingkungan luar seperti database server (SQL Server, Oracle dan lain-lain) dengan dokumen.  Dengan adanya Task Pane ini maka user dapat menulis sesuatu secara otomatis ke dokumen yang aktif atau dapat juga menarik data dari database dan menulisnya ke dokumen.
Sebagai contoh nyata adalah Portman Excel yang pernah kami kerjakan untuk PT Krakatau Bandar Samudra (PT KBS), yaitu anak perusahaan dari Krakatau Steel. 
Aplikasi ini dibangun dengan Excel 2003 dan VSTO dengan Oracle sebagai media penyimpanan data.  Aplikasi ini berfungsi untuk penjadwalan kapal yang sandar pada pelabuhan di PT KBS cara secara sederhana Portman Excel akan mengambil data kapal yang sudah booking untuk bersandar yang sebelumnya sudah tersimpan pada database Oracle, kemudian user akan meletakkan kapan yang sudah terdaftar tersebut pada galangan kapal yang tersedia.  Setelah peletakan kapal-kapal itu selesai dilakukan pada halaman Excel maka user bisa menyimpannya, artinya data posisi kapan akan disimpan pada database Oracle, jadi ketika user membukanya lain waktu atau user lain membuka aplikasi ini maka secara otamatis user tersebut akan melihat kembali posisi kapal-kapal tersebut.  Selain itu Portman Excel juga dapat memperlihatkan proses pelayanan kapan yang terjadi di lapangan, seperti proses :
  1. Bongkar barang, akan dilihat berapa banyak barang yang telah diangkut dan berapa sisanya yang masih ada dalam kapal, selain itu juga dapat dilihat waktu yang telah dihabiskan untuk proses tersebut.
  2. Muat barang, akan dilihat  berapa banyak barang yang telah dimuat.
  3. Dan operasi-operasi layanan lainnya.
Dengan melihat contoh di atas, maka Task Pane adalah 'sesuatu' yang berada pada sisi kanan dari dokumen.  Task pane pada aplikasi di atas berfungsi untuk mengambil data dari database Oracle dan akan menulisnya pada dokument dalam bentuk shape dan memberikan informasi pada shape tersebut sebagai nama kapal.
Task Pane ini hanya dapat diimplementasikan pada :
  1. Microsoft Office Access.
  2. Microsoft Office Excel.
  3. Microsoft Office InfoPath.
  4. Microsoft Office Outlook.
  5. Microsoft Office PowerPoint.
  6. Microsoft Office Word.
Sekarang kita akan membuat project Add-in pada Word 2007 yang secara otomatis akan menampilkan Task Pane saat Word 2007 dibuka.  Dan juga bagaimana Task Pane tersebut berinteraksi dengan dokumen yang aktif, dalam hal ini Task Pane akan menulis sesuatu ke dokumen.
Task pane klo di Office aja

Task pane merupakan jendela khusus yang berisi applikasi MS Office dengan perintah-perintah yang umum dipakai. Letak default-nya ada di kanan. Anda dapat memilih kelompok aplikasi yang diperlukan atau menyembunyikannya saat tidak diperlukan.



Task pane biasanya muncul otomatis saat Anda membuka MS Word, bila hal ini dirasa mengganggu, lakukan langkah berikut:


1 komentar: