Selasa, 26 Oktober 2010

membuat class scanner pada JAVA dan logikanya


Membuat class scanner

Input Program
Logika Program
1.   Element pertama maksudnya adalah digunakan untuk mengimport class yang ada pada teks editor tersebut ke dalam method classs yang akan kita buat nanti,sehingga pada class ini belum memiliki method main yg menyebebkan class ini belum dapat kita eksekusi atau kita jalankan.
2.   Element kedua maksudnya buatlah class dengan nama Manusia
3.   Element ketiga maskudnya buatlah tipe data string dengan objek nama, jenis kelamin, alamat dan umur.
4.   Element keempat maksudnya pada kelas manusia kita disuruh membuat objek nama, jenis kelamin, alamat dan umur.
5.   Element kelima maksudnya kita diperintah untuk membuat objek nama dengan variabel rahmat fadli.
6.   Element keenam maksudnya perintah untuk membuat objek jenis kelamin dengan variabel laki-laki.
7.   Element ketujuh maksudnya perintah membuat objek alamat dengan variabel bekasi.
8.   Element kedelapan maksudnya perintah untuk membuat objek umur dengan variabel 18.
9.   Element kesembilan maksudnya mencetak segala sesuatu yang ada didalam tanda kurung tersebut.pada program ini contohnya tulisan hai boleh kenal ga?
10. Element kesepuluh ini maksudnya sama dengan element ke sembilan yaitu mencetak segala sesuatu yang ada didalam tanda kurung tersebut.pada program ini contohnya menampilkan tulisan isi biodata kamu ya..!
Input Program



Logika program
1.   Element pertama tersebut maksudnya listing yg harus ada apabila kita ingin membuat import class scanner.
2.   Element kedua maksudnya mengimport class yang ada pada diclass yang lain untuk dimasukkan pada class program ini,pada element ini juga terdapat kata static yaitu salah satu dari macam method yang mengidentifikasikan method pada method class yang akan diimport nanti.
3.   Element ketiga ini maksudnya mengidentifikasikan bahwa pada program ini terdapat method utamanya yaitu method manusia inilah yang menjadi method utamanya.
4.   Element keempat adalah listing yang harus ada untuk melakukan scanner dari class manusia.
5.   Element lima terdapat nama identifier yaitu deklarasi class dan static yang menunjukkan salah satu dari macam meteod yang dapat didefinisikan setelahnya,yang dapat didefinisikan bahwa method yang digunakan pada program ini adalah void yang maksudnya method tidak mengembalikan nilai sama sekali,akan tetapi jika ingin mengembalikan nilai maka harus menambahkan kata return dan menghilangkan kata static sehingga angka yang dimasukkan setelah kata return dapat diolah yang biasanya angka yang akan dikembalikan diletekkan setelah system.out.println.dan main menunjukkan bahwa method tersebut adalah method utama dari program tersebut.string merupakan tipe argumen yang yang diterima untuk parameter dari command java,sehingga penamaan pada class harus bernilai string.args[] adalah array argumen yang bisa ditambahkan pada saat menggunakan command java untuk menjalankan program java.
6.   Element keenam maksudnya membaca class manusia supaya bisa dibaca oleh class utama
7.   Element ketujuh hanya untuk membuat spasi kosong
8.   Element kedelapan maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik,pada contoh disini program akan mencetak kata biodata orang pertama.
9.   Element kesembilan hanya untuk membuat spasi kosong.
10. Element kesepuluh maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik,pada contoh disini program akan mencetak kata masukkan nama anda =
11. Element kesebelas program akan langsung melanjutkan ke entry berikutnya setelah membaca satu beris entry diatasnya.
12. Element kedua belas maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan jenis kelamin anda.
13. Element ke tiga belas program akan langsung melanjutkan ke entry berkutnya setelah membaca satu baris entry diatasnya.
14. Element ke empat belas maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan alamat anda.
15. Element ke lima belas program akan langsung melanjutkan ke entry berkutnya setelah membaca satu baris entry diatasnya.
16. Element ke enam belas maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan umur anda.
17. Element ke tujuh belas program akan langsung melanjutkan ke entry berkutnya setelah membaca satu baris entry diatasnya.
18. Element ke delapan belas hanya untuk membuat spasi kosong.
19. Element ke sembilan belas maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan data orang pertama.
20. Element ke dua puluh hanya untuk membuat spasi kosong.
21. Element ke dua puluh satu maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel objek nama anda adalah =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
22. Element ke dua puluh dua maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel jenis kelamin anda adalah =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
23. Element ke dua puluh tiga maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel objek alamat anda adalah =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
24. Element ke dua puluh empat maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel objek masukkan umur anda =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
25. Element kedua puluh lima hanya untuk membuat spasi kosong
26. Element kedua puluh enam maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik,pada contoh disini program akan mencetak kata biodata orang kedua.
27. Element kedua puluh tujuh hanya untuk membuat spasi kosong.
28. Element kedua puluh delapan maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik,pada contoh disini program akan mencetak kata masukkan nama anda =
29. Element kedua puluh sembilan program akan langsung melanjutkan ke entry berikutnya setelah membaca satu beris entry diatasnya.
30. Element ketiga puluh maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan jenis kelamin anda.
31. Element ke tiga puluh satu program akan langsung melanjutkan ke entry berkutnya setelah membaca satu baris entry diatasnya.
32. Element ketiga puluh dua maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan alamat anda.
33. Element ketiga puluh tiga program akan langsung melanjutkan ke entry berkutnya setelah membaca satu baris entry diatasnya.
34. Element ketiga puluh empat maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan umur anda.
35. Element ketiga puluh lima program akan langsung melanjutkan ke entry berkutnya setelah membaca satu baris entry diatasnya.
36. Element ketiga puluh enam hanya untuk membuat spasi kosong.
37. Element ketiga puluh tujuh maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan data orang ketiga.
38. Element ketiga puluh delapan hanya untuk membuat spasi kosong.
39. Element ketiga puluh sembilan maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel objek nama anda adalah =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
40. Element empat puluh maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel jenis kelamin anda adalah =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
41. Element keempat puluh satu maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel objek alamat anda adalah =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
42. Element keempat puluh dua maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel objek masukkan umur anda =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
43. Element keempat puluh tiga hanya untuk membuat spasi kosong
44. Element keempat puluh empat maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik,pada contoh disini program akan mencetak kata biodata orang ketiga.
45. Element empat puluh lima hanya untuk membuat spasi kosong.
46. Element keempat puluh enam maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik,pada contoh disini program akan mencetak kata masukkan nama anda =
47. Element keempat puluh tujuh program akan langsung melanjutkan ke entry berikutnya setelah membaca satu beris entry diatasnya.
48. Element keempat puluh delapan maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan jenis kelamin anda.
49. Element keempat puluh sembilan program akan langsung melanjutkan ke entry berkutnya setelah membaca satu baris entry diatasnya.
50. Element kelima puluh maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan alamat anda.
51. Element kelima puluh satu program akan langsung melanjutkan ke entry berkutnya setelah membaca satu baris entry diatasnya.
52. Element kelima puluh dua maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan umur anda.
53. Element kelima puluh tiga program akan langsung melanjutkan ke entry berkutnya setelah membaca satu baris entry diatasnya.
54. Element ke lima puluh empat hanya untuk membuat spasi kosong.
55. Element kelima puluh lima maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata masukkan data orang ketiga.
56. Element kelima puluh enam hanya untuk membuat spasi kosong.
57. Element kelima puluh tujuh maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel objek nama anda adalah =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
58. Element kelima puluh delapan maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel jenis kelamin anda adalah =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
59. Element kelima puluh sembilan maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel objek alamat anda adalah =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
60. Element keenam puluh maksudnya program akan mencetak kata yang diisikan pada variabel objek masukkan umur anda =, jika data tersebut benar maka program akan melanjutkan pada proses berikutnya.
61. Element keenam puluh satu hanay untuk membuat spasi kosong.
62. Element keenam puluh dua maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata terimakasih atas partisipasi anda.
63. Element keenam puluh tiga maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata rahmat fadli.
64. Element keenam puluh empat maksudnya cetak kata yang ada pada tanda petik.pada contoh disni program akan mencetak kata 1IA17-Gunadarma.
 
Output program




Tidak ada komentar:

Posting Komentar