Kamis, 11 November 2010

Rakit PCmu Sendiri

Saya menulis artikel ini gunanya untuk membantu temen-temen yang merasa kesulitan dalam memilih komputer yang diinginkan, sekaligus kepentok budget yang sangat mepet,mungkin dengan cara merakit PC kita sendiri dan memilih hardware yang kita inginkan dan sesuai kebutuhan tentunya akan menekan harga dari pada kita harus membeli PC yang sudah jadi,coba kita bayangkan PC yang sudah jadi tentunya memiliki proses yang sangat panjang yang tentunya juga akan membuat ongkos produksi lebih mahal lagi,belum lagi OS atau program yang sudah diInstal didalamnya pasti akan berbayar lagi.maka dengan cara merakit PC sendiri akan dapat mengurangi biaya itu semua,apa lagi klo kita mau menggunakan OS yang dapat kita beli di Glodok dan tempat-tempat sejenisnya tentu haragnaya bagaikan langit dan bumi ^_^
     Tanpa berlama-lama lagi sebelum anda ingin membuat komputer anda,anda harus memiliki pertanyaan untuk apa komputer yang akan anda rakit ini,apakah untuk keperluan multimedia, Gamming, pekerjaan kantor biasa atau bahkan keperluan Overclock bagi enthusias?,setelah pertanyaan itu terjawab barulah kita bisa memilih platform apa yang akan kita gunakan dalam merakit PC kita nantinya?sekarang ini ada dua platform besar dalam dunia komputer yaitu Intel dan AMD,kenapa harus demikian?karena platform yang kita pilih akan mempengaruhi kebanyak hardware lainnya,misalnya kita memilih AMD,tentu mainboard yang kita pilih nanti juga AMD pula,dan juga VGA walaupun hal ini tidak mutlak,tetapi kompatibilitas tentu akan mempengaruhi sedikinya jika kita menggunakan 2 platform dalam satu system.
     Sekarang masalah pemilihan platform sudah selesai,untuk mempersempit pembahasan akan saya pilih sebuah platform misalkan Intel yang mungkin lebih familiar dengan anda semua dan komputer yang kita gunakan nanti adalah untuk keperluan Gamming untuk tingkat sedang yang paling banyak disukai oleh para kaum adam,karena saya adalah salah satunya yang pertama kali merakit komputer saya sendiri untuk keperluan gamming ^_^
hal yang harus kita beli untuk pertama kali adalah processonya.langsung saja processor yang saya recomendasikan untuk keperluan gamming adalah intel core i5 760.karena processor ini suda mendukung quad core processor dan four thread yang sangat berguna untuk keperluan rendering atau pun multithreading,disamping itu processor ini sudah unlocked CPU multiplier sehingga lebih mudah untuk mengoverclocknya jika kita ingin menaikkan sedikit kinerjanya dengan mudah,kenapa saya tidak memilih poccesor yg lebih tinggi seperti core i7,secara data processor ini memang harusnya berkinerja bagus,akan tetapi secara teoritis banyak software yang kurang mendukung atau pun bisa memaksimalkan jumlah core yang terlalu banyak maupun threadnya.
selanjutnya kita harus memilih mainboard tempat untuk komputer yang akan kita rakit tersebut,karena kita telah memilih processor intel core i5 760 yang menggunakan socket LGA 1156 maka kita harus memilih mainboard yang memiliki socket tersebut,untuk itu saya merekomendasikan MSI P55A-G55 (USB 3.0+Sata III) disamping kinerjanya yang sangat baik untuk dikelasnya, dukungan USB 3.0 yang sebentar lagi akan keluar tentu akan menjadi nilai lebih dari mainboard ini.
Berikutnya memilih memmory yang kita gunakan,saya rasa tidak ada salahnya kita menggunakan memmory DDRIII saat ini,disamping harganya yang sudah terjangkau,kinerja dari memmory ini tentu diatas kakaknya DDRII,untuk memmory karena memmory ini sebenarnya hanya untuk keperluan gamming saya rasa memmory dari TEAM Elite 1GB*2 TED32048M1333HC9DC (Elite Heat Spreader CL 9-9-9-24) ini sudah cukup,dan jika kita ingin mencoba untuk mengoverclocknya pun saya rasa tidak ada salahnya,karena memmory ini sudah dilengkapi heat spreader dan memiliki timing yang sudah tinggi.
Next kita memiilih sesuatu yang sangat krusial dalam membangun sebuah RIG,yaitu VGA card,untuk barang yang satu ini mungkin Point Of View GTX 460 1024Mb 256Bit DDR5 sudah lebih dari cukup untuk sebuah RIG tingkat mainstream sekarang ini.karena harganya yang tergolong murah dikelasnya dan memiliki kinerja yang tidak sembarangan.
selanjutnya harddisk,saya rasa tidak perlu muluk-muluk dalam memilih HD ini,yang saya sarankan hanya dua yaitu seagate dan WDC,jadi terserah anda ingin memilih yang mana,yang jelas pilihlah HD sata,karena HD ini lebih cepat dan lebih awet dibandingkan jika kita masih menggunakan HD IDE,jika saya harus memilih saya akan memilih WDC Sata 250Gb 8Mb 5400rpm Blue
jika semua telah siap ada satu yang tidak boleh kita lupakan yaitu power supply.tentu anda tidak inginkan RIG yang mahal-mahal anda bangun rusak seketika karena masalah PSU yang abal-abal.saya hanya menyarankan jika ingin memilih PSU pilihlah sala satu dari merek ini, ener*ax,seasoni*c,thermalt*ke, xigmatak sebenarnya ada juga yang lain,tapi menurut review yang banyak saya baca barang-barang diatas adalah barang-barang yang jarang mengecewakan,klo boleh saya memilih salah satu saya akan memilih XIGMATEK 700W NRP-PC 702 80 Plus Bronze,untuk investasi jika suatu saat kita ingin menupgrade RIG kita yang mana tau memerlukan daya yang lebih tinggi sehingga PSU kita tidak terbuang.
tentu anda tidak ingin komputer anda telanjang bukan?mungkin bagi para overclocker lebih suka yang telanjang-telanjang,tapi karena ini lebih untuk keperluan gamming saya rasa tidak ada salahnya jika anda membelikan casing untuk komputer anda ini,saya sengaja tidak memberikan rekomendasi kepada anda karena casing ini relatif orang menyukainya,saran saya pilihlah casing ATX sehingga cukup untuk menampung semua periheral dalam komputer kita,sukur-sukur jika anda dapat membeli casing yang lebih besar sehingga air flow lebih bagus,dan tidak ada salahnya menambahkan kipas pada casing agar udara didalam casing lebih sejuk..hehehe..
ok lah klo begitu kita masuk kebagian terakhir yaitu membeli monitor,keyboard dan mouse,untuk monitor saya rasa Chimei 18.5 Inch CMV-95ND tidak perlu diragukan lagi kemempuannya dalam dunia monitor gamming,apa lagi jika anda menduetkannya dengan Razer Aurantia Keyboard + Razer Abyssus, yang harganya saya rasa cukup terjangkau untuk kenyamanan dan kepuasan dalam bermain.
mungkin itu sedikit yang bisa saya bagi kepada teman-teman semua,saya rasa untuk game-game 3 tahun kedepan komputer ini masih bisa menjalankannya,jika ada kesalahann dalam tulisan saya mohon ralatnya dengan bijak
sedikit total harga rakitan diatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar