Jumat, 26 November 2010

sesutu yang harus diperhatikan dalam memilih RAM


Pengertian RAM
Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Jenis-jenis RAM
- DRAM
- SDRAM
- EDO RAM
- DDR I
- DDR II
- DDR III

Saatnya memilih yang terbaik
dari beberapa RAM yang umum digunakan diatas saat ini hanya 2 yang banayak digunakan yaitu DDR II dan DDR III,mungkin DDR I masih ada yang menggunakan walaupun hanya tinggal sedikit,ini disebabkan oleh kemajuan dari teknologi itu sendiri yang menyebabkan kegunaan komputer yang lebih kompleks.
akan tetapi para overclocker, para gammer, ethusias user ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih RAM,tidak hanya sekedar tipe dari RAM tersebut,berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih RAM :
- jenis RAM : yang umum digunakan sekarang adalah DDR II dan DDR III lalu apakah perbedaannya.DDR3 memiliki bus speed yang lebih cepat dan throughput yang lebih tinggi dari DDR2. Namun cas latency-nya parah... (DDR3 memiliki latency sekitar 6.0.. sedangkan DDR2 hanya 2.5).
Konsumsi daya berkurang 16% dari DDR2 (karena teknologi 90nm). Jadi hanya butuh 1.5V.. (bandingkan dengan daya yang dibutuhkan DDR2 yang 1.8V apalagi DDR yang 2.5V)

Clock ratenya cukup jauh lebih tinggi dari DDR2 yang hanya 400 - 1066MHz.. clock rate DDR3 itu 800 - 1600MHz.

Fitur² lain:
- High precision calibration resistors
- Asynchronous reset PIN
- CWL (CAS Write Latency) per speed bin
- Read-write calibration

Kekurangan DDR3 yang paling utama adalah HARGA.. mahal sekali... ditambah lagi, user harus membeli motherboard baru untuk memakai RAM DDR3. Namun performanya memang cukup jauh berbeda dari DDR2 (lebih baik).. Benchmark-nya juga lebih baik..
- latency : Waktu yang dibutuhkan data untuk melalui koneksi tertentu.sehingga semakin rapat suatu clock latency dalam memory maka kinerja dari sebuah memory pun akan semakin cepat.
- voltase : hal yang satu ini mungkin hanya perlu diperhatikan oleh para overclocker,memory yang baik bagi para overclocker yaitu memory yang memmiliki voltase default rendah,akan tetapi memiliki kinerja yang cukup baik seperti memiliki latency yang cukup rapat,dan suhu yang rendah,dan harus memiliki kemampuan yang baik jika dinaikkan voltasenya dalam arti stabil dan memiliki suhu yang tidak terlalu panas.  
Mungkin itu sedikit yang bisa saya berikan jika ada kekurangan saya mohon maaf karena ilmu saya yang tidak seberapa.



2 komentar:

  1. Terima kasih gan...bermanfaat sekali buat saya...

    BalasHapus
  2. maaf jadi poin penting yg harus diperhatiin apa nih?

    BalasHapus