Rabu, 08 Desember 2010

Batrai laptop / netbook cepat habis

     saya pengen sedikit berbagi khususnya bagi temen-temen yang saat ini kuliah yang sering mengeluh kenapa kok bantre laptopnya cepet banget habis padahal baru aja di cas dan masalah-masalah yang serupa dengannya.
oke langsung aja :
1. melakukan defrag berkala
defrag itu pada intinya merapikan kembali file-file dalam drive kamu..,
gunanya ya biar komputer kamu file-nya rapi..., jadi ya biasanya komputer yang jarang didefrag tuh akan kerasa lambat. Jadi kadang perlu di defrag agar komputer anda bisa bekerja dengan lebih optimal.

kalo di defrag, tidak akan berpengaruh pada file-filenya. file akan tetap baik-baik saja.

ada 2 cara untuk mendefrag:
1. pake tool defragmenter bawaan windows, caranya start-all program-accessories-system tool-disk defragmented.
2. pake utility/tool lain. misalnya aja, tune up utilites.

defrag menggunakan tool windows akan memindahkan/merapikan file secara fisik, jadi ini kurang disarankan karena akan menyebabkan kerusakan pada hard disk. Jadi menurut saya lebih baik menggunakan utility karena utility hanya akan memindahkan pointer dari file saja.., namun itu sudah cukup membantu. Defrag tidak perlu dilakukan sering-sering cukup sebulan sekali saja sudah cukup.
2. jangan meniggalkan cd-dvd didalam dvd rom
hal ini mungkin sepele tetapi sangat berpengaruh.hal ini disebabkan listrik akan tetap menyuplai listrik ke dvd rom walaupun tidak kita gunakan.bahkan kadang dvd rom akan tetap berputar walaupun tidak digunakan.hal ini tentu akan mengurangi batre secara langsung
3. matikan konektifitas yang tidak perlu
mungkin anda sangat sering melupakan hal ini.akan tetapi hal ini juga berpengaruh dalam penggunakan listrik.sehingga matikanlah konektifitas yang tidak digunakan,seperti mematikan konektifitas bloetooth atau wifi ketika tidak digunakan.
4. hindari melakukan multitasking
komputer mirip seperti makhluk hidup.semakin banyak pekerjaan yang dibebankan tentu semakin banyak konsumsi daya yg diperlukan.
5. cabut device yang tersambung ke USB bila tidak digunakan
walaupun hanya memakan konsumsi listrik yang sedikit.tetap saja divice yang tersambung tersebut memakan listrik.sebagaimana kata pepatah.sedikit demi sedikit lama-lama menjadi buki..xixixixi..
6. pilih hibernate dari pada standby
kenapa saya menganjurkan demikian.karena pada proses hibernate semua divice akan dimatika.lain halnya jika kita melakukan standby yang masih memakan suplai listrik.walaupun standby memiliki kemampua inisialisasi yang cukup cepat akan tetapi lain halnya jika laptop ditinggal dalam waktu yang cukup lama..
7. sting power management
bagi anda khususnya para pengguna laptop alangkah baiknya jika mengatur setingan power management pada control panel atau bisa memilihnya langsung pada gambar batrai yang ada pada tray sebelah kanan desktop dengan merubah setingan pada power saver.mungkin kinerja laptop akan terasa berkurang.tapi khususnya bagi para orang yang hanya menggunakan laptopnya untuk keperluan office mungkin ini bisa menjadi pilihan sehingga bisa lebih menghemat konsumsi power.
8. matikan program yang berjalan dibelakang layar
biasanya banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada program yang berjalan disamping program yang tampil di desktop.hanya saja tidak terlihat.untuk mematikannya Run->msconfig lalu pilih tab startup.ingat matikan hanya program yang bukan merupakan bagian dari system.
9. perkecil resolusi
pencahayaan pada layar sangat mempengaruhi ketahanan batrai.logikanya jika kita menggunakan lampu yang memiliki watt lebih besar tentu akan memakan konsumsi daya yang lebih besar juga.oleh karena itu setinglah resolusi sealakadarnya.
10. mengganti harddisk dengan SSD
yang satu ini mungkin agak berat tapi ya saya tidak bisa menyembunyikan bahwa penggunakan SSD akan lebih hemat jika kita menggunakan HD biasa.disamping ketahanan dan kecepatan dari SSD itu sendiri.
 
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090528210739AAYjOoa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar