Kamis, 09 Desember 2010

kegunaan thermal grease / thermal paste

     thermal grase menutupi seluruh titik kosong sehingga seluruh bagian processor tercakup oleh heatsink.tanpanya kita akan mendapati gelembung udara microskopic yang merupakan insulator yang baik dan sesuatu yang sangat kita hindari.
 
     konduktivitas panas dan thermal grease berkisaran dari 0.3 sampai 7W/m.K. walau tidak terlihat jauh berbeda, tipe yang lebih baik dapat menurunkan beberapa derajat tambahan. semua thermal grease pada umumnya terdiri dari sebuah medium, biasanya silikon tapi terkadang juga mineral oil. pasangannya adalah suatu serbuk halus yang umumnya ada lima jenis. yang paling umum adalah serbuk putih yang terbuat dari zinc oxide dan silicon. berikutnya adalah yang berbahan dasar keramik. kemudian ada lagi yang berbahan dasar metal dengan serbuk alumunium ataupun silver yang lebih baik dari keramik. ada juga yang berbahan dasar carbon yang mengandung serbuk berlian, dan terakhir berbahan liquid metal yang biasanya terbuat dari gallium. ia paling baik menyalurkan panas karena tidak memiliki medium.

      thermal grease yang buruk biasanya tidak bertahan lama dan kita akan mendapat hasil jauh lebih baik dengan menghapusnya dengan pembersih dan menaruh thermal grease baru, cukup keluarkan sebesar butir nasi, lalu ratakan, kita ingin menutupi seluruh permukaannya. barang kecil ini tidak boleh terlewatkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar